Prinsip Sejati Kepemimpinan Kewirausahaan

Menguasai sepenuhnya prinsip dan tindakan kepemimpinan wirausaha adalah suatu proses yang menuntut pertumbuhan seiring dengan tiga komponen,yaitu pengembangan pribadi individu,evektifitas kerja sama tim dan perubahaan organisasi.

Keseluruhan butir kepemimpinan wirausaha adalah bahwa dia membangkitkan yang terbaik dari setiap individu,tim dan organisasi,ingant bahwa kepemimpinan wirausaha adalah :menanamkan keyakinan untuk berpikir ,berprilaku dan bertindak dengan cara wirausaha dengan pemikiran menyadari sepenuhnya tuuan yang sesungguhnya dan organisasi demi pertumbuhan yang menguntungkan bagi semua stakeholders yang terlibat.

Tampak bahwa kewirausahaan melibatkan kemauan untuk bekerja bersama.berikut ini  10 prinsip dan pelaksanaan yang menganjarkan dan menumbuhkan prinsip dan kegiatan yang akan mengembangkan atribut kepemimpinan wirausaha kepada seluruh organisasi.

1.Purposeful-memiliki tujuan yang jelas untuk dicapai :tujuan yang sesungguhnya

Memiliki tujuan yang jelas berarti punya pendirian,memiliki fokus,memiliki keyakinan akan keputusannya,memiliki kemampuan memutuskan,dan berdaya tahan,sesungguhnya merupakan kualitas pencapaian yang sukses dan tuntutan tujuan apa pun.

Melesat ditengah ketidakpastian

Memanfaatkan prinsip bertujuan jelas adalah dengan membentuk misi pribadi,sejalan dengan itu adalah misi organisasi dan menetapkan tujuan dalam kerangka kerja misi-misi tersebut.kepemimpinan organisasi tradisional membutuhkan iklim kepastian.kepemimpinan wirausaha maju dengan pesat  ditengah ketidakastian perbedaan utama adalah bahwa yang pertama akan mencoba untuk menetapkan batasan ,yang belakangan akan melihat jauh kedepan.

Memiliki tujuan yang jelas dalam tindakan

Pemimpin yang memiliki tujuan jelas  memiliki kemampuan sama dengan perusahaan yang melingkupinya.ingatlah bahwa untuk memiliki tujuan yang jelas berarti pendirian ,memiliki fokus ,memiliki keyakinan akan keputusannya ,memiliki kemampuan memutuskan ,dan berdaya tahan serta bersikap keras.pemimpin wirausaha harus cukup memiliki kekerasan hati untuk membangkitkan yang terbaik dan orang-orangnya sekalipun dia harus bersikap keras.

2.Responsible-tanggung jawab :kehandalan yang sejati

Menanamkan akuntabilitas yang sebenarnya dalam diri kita membutuhkan evaluasi yang teratur.kebiasaan memahami betapa kita harus bertangggung  jawab terhadap apa yang kita pikirkan dan lakukan merupakan hal bernilai untuk dibangun.menanamkan akuntabilitas yang sebenarnya pada diri orang lain membutuhkan pujian dan evaluasi kinerja yang teratur.kebiasaan semacam ini  akan mengembangkan loyalitas yang lebih mendalam dan pemahaman yang lebih besar sebagaimana tanggung jawab yang kita harapkan dari orang lain.

3.Integrity-integritas :nilai yang sejati

Kualitas yang tak dapat diabaikan adalah melakukan sesuatu yang benar berdasarkan kesadaran akan kehormatan dan penghargaan pada orang lain.memahami apa yang benar untuk dilakukan dan secara nyata mengerjakannya berarti memilki integritas.

Menemukan nilai yang sejati

Mampu menemukan apa yang menjadi nilai mereka yang sejati dengan suatu cara yang membuat mereka memiliki kemampuan untuk menyampaikan baik kepada orang-orangnya maupun kepada konsumennya.

4.Nonconformity-ketidakcocokan :kreatifitas yang sesungguhnya

Konformis tidak dilahirkan ,mereka dibuat .sesungguhnya tekanan terus-menerus memborbadir individu,dengan maksud bahwa mereka dapat diizinkan untuk mendaki dari tangga penerimaan untuk sukses,datang dari semua sisi,hanya berbeda sedikit dari generasi ke genarasi.seringkali kita mematikan ide-ide dan pemikiran brilian kita sendiri hanya karena mereka adalah milik kita.meraka dibimbing oleh apa yang benar bagi meraka dan bukan benar bagi masyarakat.nonkonfirmis yang sejati berpakaian  dan berprilaku tidak peduli apakah konvensional atau tidak konvensional karena dengan cara itulah mereka merasa  nyaman .

5.Coureqeous: keberanian: kekuatan yang sejati

Ketika anda memiliki keberanian terhadap pendirian anda dan keberanian untuk menjadi diri anda sendiri dan mengikuti jalan yang anda percayai sebagai yang terbaik ,kekuatan anda yang sejati berkembang secara alami.pada analis SWOT dalam organisasi bisnis.didalamnya kekuatan,kelemahan,peluang ancaman ditinjau ulang dan diperhatikan ,sementara kategori kelemahan lebih diutamakan daripada apa yang dianggap  sebagai kekuatan.setiap laporan akan menekankan lebih pada yang pertama dari pada yang terakhir secara sungguh sungguh sekalipun pada salah pedoman.kepercayaan bahwa sesuatau yang salah haruslah menjadi perhatian.

6.Intuitive-intuitif:keputsan yang sesungguhnya

Suatu keputusan yang nyata merupakan sesuatu yang sangat penting ,keputusan yang sesungguhnya adalah sesuatu yang mempengaruhi masa depan dan keberhasilan anda dan juga orang lain.sedikit orang akan berpendapat bahwa salah satu kemampuan yang terpenting dalam bisnis adalah untuk maju bersama dengan yang lain.

Intiusi adalah suatu keputusan yang kita miliki sejak lahir,seperti kemampuan untuk bernapas dan makan .ketika kita mengenali bimbingan intuitif kita,keputusan kita selalu benar.suatu hal yang mengejutkan bahwa banyak dari kita bernapas ataupun makan dengan tetap.

7.Patience-kesabaran: hubungan yang sesungguhnya

Sabar terhadap sesuatu yang hasilnya sudah tertentu karena dalam kepastian ,hanya sedikit ruang untuk kecemasan .terhadap hubungan langsung yang berkaitan antara tidak sabar untuk sesuatu berjalan sesuai kehendak anda ,semakin anda bertanya Tanya apakah akan terjadi demikian.

Satu langkah pada setiap waktu

Kesabaran merupakan kunci dasar dalam membangun maupun mempertahankan hubungan.ketidak sabaran merupakan pembalasan keadilan dari relasi dengan relasi konsumen.keyakinan dalam apa yang anda kerjakan dan memiliki kepastian bahwa segala sesuatu terjadi pada saat yang tepat dan ditempat yang tepat.

8.Listen-mendengarkan: pasar yang sesungguhnya

Mendengarkan merupakan suatu hal vital dalam bisnis ,khususnya dalam tiga area utama, namun jarang kita menyediakan waktu untuk mereka satu persatu area pertama berkaitan dengan siapa saja memiliki tanggung jawab besar untuk mengajarkannya.area kedua adalah siapa saja yang terlbat dalam suatu posisi tanggung jawab seharusnya selalu memiliki kemauan untuk mendengarkan ide dan pemikiran kolega –koleganya .area ketiga berkaitan dengan mendengarkan menggunakan suatu cara hingga anda mampu meyadari pada pasar riil semacam apa kita seharusnya lebih memfokuskan diri,bahkan bila hal bertentangan dengan para analis.

9.Enthusiasm-antusiasme: komunikasi yang sesungguhnya

Pesimisme datang dari kekecewaan dari suatu impresi buruk yang terbentuk karena rintangan yang terjadi dimasa lalu ,pesimisme menunjukan kehati-hatian dan pengalaman namun yang baik adalah untuk berpikir hanya pada kesulitan macam apa yang terjadi didepan kita?efek psikologis dari optimisme adalah dia membantu pencapaian keberhasilan.

Optimisme dan anthusiasme berjalan seiring keduanya Saling membantu tidak mungkin ada seseorang yang pesimis sekaligus antusias.antuasisme satu orang akan berbeda dengan yang lain.namun kita akan mengenali ketika orang lain memilikinya.dia bergairah dalam apa yang mereka kerjakan dan keyakinan mereka menular kepada yang lain.

10.Service-layanan: tindakan yang sesungguhnya

Memahami persepsi konsumen terhadap anda,produk anda ,dan bisnis anda merupakan kunci untuk membangun hubungan jangka panjang dan keberhasilan  dalam menumbuhkan penjualan meskipun demikian kecuali kita mampu menyesuaikan  diri dengan kebutuhan pelanggan,kita akan memaksimalkan nilai yang kita bentuk dari kesempatan memiliki konsumen .mendapatkan masukan dari konsumen sama pentingnya dengan menerima masukan tentang diri kita.itu membantu kita mengevaluasi tindakan nyata yang diperlukan.

Layanan dalam tindakan

Produk atau ide haruslah menciptakan nilai tambah,namun juga layanan supaya keberhasilan itu dapat bertahan .kepemimpinan wirausaha melibatkan penciptaan nilai melalui layanan sebanyak melalui kesempatan /peluang.

Catatan :

Materi didapat dari bab “prinsip sejati kepemimpinan kewirausahaan”  penyunting Ahmad Elqorni(Mei,2008)